Sosialisasi Prodi PAUD UNUKaltim

sosialisasiPAUD

UNUKaltim, Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim | Sebagai sebuah institusi baru, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur merasakan pentingnya kegiatan sosialisasi agar keberadaannya diketahui secara luas oleh masyarakat. Oleh karenanya, prakarsa yang dilakukan oleh Ketua Prodi PAUD UNU Kaltim, Happy Liana, M.Pd., disambut dengan baik dan direalisasikan pada tanggal 19 Agustus 2015. Bersamaan dengan momentum kegiatan sosialisasi tersebut juga dilakukan sosialisasi tentang akreditasi program Pendidikan Anak Usia Dini, yang dibawakan oleh Koordinator Badan Akreditasi Nasional Prodi PAUD Kalimantan Timur, Haniah, M.Pd. Di tengah-tengah 50 orang peserta sosialisasi Prodi PAUD yang terdiri dari Kepala-kepala Taman Kanak-Kanak/PAUD dan organisasi mitra se- Samarinda dan Tenggarong, Ketua Prodi PAUD UNU Kaltim melaporkan bahwa kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan, disiplain ilmu pendidikan yang memiliki konsentrasi pada pemahaman, pembinaan dan pengembangan potensi anak sejak dini.
Rektor UNU Kaltim, Drs. H. Farid Wadjdy, M.Pd., menyampaikan pesan tentang inti program Pendidikan Anak Usia Dini sebenarnya adalah proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak melalui jenis-jenis permainan yang mengandung nilai-nilai agama, moral, keterampilan, kedisiplinan, kesehatan dan kepekaan sosial. Dengan demikian, apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pendidik akan dapat dicapai dan konsentrasi pemahaman dalam pembangunan karakter anak usia dini dapat diwujudkan. Prof. Dr. Ir. H. Afif, M.Sc. Agr., Wakil Rektor UNU Kaltim, berpesan bahwa penyelenggaraan Prodi PAUD yang baik menyangkut tiga hal yaitu, ketersediaan sumberdaya manusia yang terus menerus meningkatkan pengetahuannya, ketersediaan sarana dan prasarana bermain dalam proses belajar mengajar, dan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam kegiatan sosialisasi ini sebenarnya juga dapat dijadikan ajang pertukaran informasi untuk kemajuan pendidikan anak usia dini.
Selanjutnya, paparan tentang akreditasi Prodi PAUD menyiratkan sejumlah persyaratan minimal yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan program studi guna penjaminan mutu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pada akhir sosialisasi, para peserta mengharapkan pihak UNU Kaltim dapat membantu memprakarsai kegiatan penyetaraan guru-guru PAUD. (AR)