Dzikir dan Doa Bersama Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriah

thnbaru

 

Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim | Ratusan Mahasiswa UNU, Dosen, dan Biro Rektorat menggelar dzikir dan doa bersama di Aula sekitar kampus menyambut Tahun baru Islam 1437 Hijriah. Sebelum sholat magrib berjamaah, dari mahasiswa UNU Kaltim bernama Khoirul Anwar memimpin dzikir dan doa? akhir tahun. Dilanjutkan sholat magrib berjamaah, dzikir dan doa Awal tahun 1 Muharram 1437 Hijriah. ?
Dalam memperingati 1 Muharram 1437 Hijriah, UNU Kaltim juga mengundang Nara sumber dari Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Samarinda? untuk mengisi Ceramah Agama. Ahmad Muthohar (Wakil Sekretaris PC NU Kota Smd) menyampaikan, Sepanjang masa selalu ada pergantian tahun. Pergantian tahun selalu dimaknai dan diartikan berbeda-beda, bergantung cara masing-masing orang merayakannya. Tahun hijriyah adalah bagian yang penting dan tak terpisahkan dari Tarikh Islam. Tahun hijriyah merupakan tonggak sejarah Islam, di mana kebangkitan Islam menemukan momentum yang tepat. Dan melalui sejarah Islam itulah, dapat dilihat, satu demi satu pemberlakuan syari?at secara bertahap diwahyukan.
Beberapa hal yang bisa diambil dari peristiwa hijrah adalah: (a) perisitwa hijrah Rasululah dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah merupakan tonggak sejarah yang monumental dan memiliki makna yang sangat berarti bagi setiap muslim; (b) Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi. Menegakkan aqidah di tengah budaya jahiliyah adalah perjuangan berat; (c) Hijrah mengandung semangat persaudaraan. Kaum Anshor Madinah dengan sepenuh hati menerima kaum Muhajirin Makkah. (imbuh Ahmad Muthohar)
Namun perubahan perilaku manusia memerlukan ikhtiar yang dimulai dengan niat, termasuk memaknai pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriyah, berlalu dan kini 1 Muharram 1437 Hijriyah. Semua berjalan mengikuti waktu yang selalu berubah. Setiap waktu yang bergulir itu pasti memiliki sejarah dan catatan tersendiri yang mengiringi dan menandainya. Mudah – mudahan UNU Kaltim lebih bagus dari Universitas lain dan memberikan manfaat bagi Masyarakat Kalimantan pada khususnya dan Indosenia pada umumnya, dan bisa menjadi Universitas Unggulan dalam mencerdaskan anak bangsa. Sehingga sejarah itu akan terukir dan menjadi kebanggaan bagi UNU dan Nahdlatul Ulama, (Imbuh Ahmad Muthohar). AR? ?