Pemprov Kaltim Dukung Pembangunan UNU Kaltim

6DSC_1829SAMARINDA ? Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak berharap Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim mampu mencetak sumber daya manusia berkualitas dalam mendukung pembangunan di daerah yang berkelanjutan.

?Sebagai upaya menjaga kualitas lulusannya maka perlu dibentuk Badan Pengawas, Dewan Pembina dan Pengurus yang bisa mengelola pengembangan kampus. Adanya komponen itu diharapkan mampu menghasilkan mahasiswa mampu dihandalkan dalam pembangunan,? kata Gubernur usai menerima Pengurus Yayasan UNU Kaltim di ruang kerjanya, Rabu (2/4).

Menurut dia, Pemprov Kaltim mendukung pendirian dan pembangunan perguruan tinggi tersebut. Hal ini tentu saja mendukung program prioritas Pemerintah dalam menciptakan sumber daya masyarakat Kaltim.

?Saya yakin, dengan pengalaman Pak Farid Wadjdy, UNU Kaltim bisa dikelola dengan baik.
Pemprov Kaltim mendukung pendirian dan pembangunan perguruan tinggi tersebut. Termasuk pembangunan gedungnya. Namun harus dilihat lokasi yang akan digunakan untuk kampusnya,? tambahnya.

Selain itu, Gubernur Awang Faroek Ishak menyarankan agar tenaga pengajar UNU Kaltim memiliki kompetensi setingkat S-2 dan S-3. Untuk membantu peningkatan kompetensi tenaga pengajar, Pemprov Kaltim siap membantu melalui beasiswa Kaltim Cemerlang. Hanya, setelah menyelesaikan pendidikan, tenaga pengajar tersebut harus kembali dan mengabdi ke UNU Kaltim.

Sedangkan menurut Pimpinan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kaltim Farid Wadjdy mengatakan, pendirian perguruan tinggi ini untuk mendukung Pemprov Kaltim menuju pembangunan yang berkelanjutan di daerah. Pada tahun 2014, UNU Kaltim bisa menerima mahasiswa baru untuk 10 prodi berjumlah 50 orang per prodi. Sementara pelaksanaan kegiatan belajar, akan dilaksanakan di Pesantren Al Mujahidin Jalan KH Harun Nafsi Samarinda Seberang.

?Untuk sementara, proses belajar mengajar dilaksanakan di Pesantren Al Mujahidin di Samarinda Seberang. Ini sambil menunggu kepastian lahan dan selanjutnya akan dibangun gedung universitasnya,? ujar Farid.

Untuk tahap I, Program studi yang dimiliki berjumlah sepulu Prodi. Yakni Kelompok IPA antara lain Arsitektur (S1), Desain Interior (S1), Teknik Energi Terbarukan atau Energi Bersih (S1), Teknik Geologi (S1), Teknik Industri (S1) dan Farmasi (S1). Sementara, kelompok IPS yakni Manajemen Keuangan Islam (S1), Hubungan Internasional (S1), Komunikasi (S1), Pendidikan Anak Usia Dini (S1) dan Akuntansi (S1).

Audiensi dipimpin Pimpinan UNU Farid Wadjdy didampingi Ketua NU Kaltim Abdul Rasyid beserta pengurus UNU Kaltim. (ris-gus/diskominfo)