TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN


Program Studi Strata Satu (S1) Teknologi Industri Pertanian (TIP) didirikan pada tahun 2014, dan salah satu lembaga yang  menyediakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk sektor teknologi agroindustri. Sehingga prodi Teknologi Industri Pertanian memenuhi tantangan modernisasi dan industrialisasi yang terjadi saat ini baik di Kalimantan Timur maupun di Indonesia pada umumnya. Tingginya kebutuhan professional dalam bidang industri memerlukan banyak lembaga pendidikan untuk menyediakan kebutuhan SDM dimaksud.

Teknologi Industri Pertanian adalah salah satu program studi dengan kompetensi inti dalam mengembangkan teknologi dan manajemen agroindustri. Teknologi Industri Pertanian muncul sebagai solusi untuk mengantisipasi sektor agroindustri yang berkembang pesat, yang memerlukan berbagai keahlian dan disiplin.

Teknologi Industri Pertanian berupaya untuk melakukan transformasi ini menjadi kenyataan dengan memberikan pendidikan yang berkualitas di agroindustri untuk membantu lulusan dengan semua keterampilan yang diperlukan dengan menawarkan program pendidikan yang melaksanakan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengintegrasikan manusia, peralatan, material, energi, uang dan informasi untuk memanfaatkan sumber daya pertanian sehingga memungkinkan pengembangan industri dalam menciptakan nilai tambah.  

Teknologi Industri Pertanian mengemban mandat dari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur dalam pengembangan ilmu dan teknologi dalam bidang teknologi agroindustri yang mencakup teknik dan manajemen industri, teknologi proses dan bioproses, dan teknik dan manajemen lingkungan industri. dengan melibatkan ketiga bidang ilmu tersebut merupakan kekhasan sekaligus keunggulan program studi ini.

 

Visi Program Studi

Visi Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur (UNU Kaltim) sebagai berikut:
Menjadi Program Studi Teknologi Industri Pertanian yang Unggul dalam Bidang Agroindustri Berkelanjutan Berdasarkan Prinsip Keislaman Ahlus Sunnah Wal Jamaah di Kalimantan Timur pada Tahun 2030.

Misi Program Studi

Misi Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur (UNU Kaltim) sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan program studi Teknologi Industri Pertanian yang unggul dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidang teknologi dan manajemen agroindustri.

2.  Menghasilkan lulusan sarjana islami berlandaskan Ahlusunnah Wal Jamaah

3. Menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian berdasarkan kemampuan keilmuan dan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.

4. Menjalin kerjasama dengan stakeholder dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu lulusan secara berkesinambungan.

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Teknologi Industri Pertanian ini adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan Teknologi Industri Pertanian yang unggul dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam bidang teknologi dan
manajemen agroindustri.

2.   Menghasilkan lulusan sarjana islami berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah

3. Terselenggaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian berdasarkan kemampuan keilmuan dan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat.

4. Terselenggaranya kerjasama dengan perusahaan swasta dan instansi pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan mutu lulusan secara berkesinambungan.

LAPANGAN KERJA

Lulusan S1 Prodi Teknologi Industri Pertanian berkesempatan untuk bekerja pada beberapa bidang antara lain adalah :

  1. Profesional di Perusahaan swasta di bidang teknologi pertanian, pangan dan agroindustri.
  2. Instansi pemerintah, perguruan tinggi maupun swasta
  3. Wirausahawan di bidang agroindustri.
  4. Supervisor atau manajer pada perusahaan agroindustri.
  5. Peneliti.
  6. Konsultan di bidang agroindustri.
  7. Birokrat
  8. Analis finansial dan marketing perusahaan

 

Download dokumen Program studi Teknologi Industri Pertanian

download-here1