header

Panduan Penulisan

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN TIMUR

 

  1. Siapa saja dapat memasukan artikel ke UNU Kaltim, yang dapat dari hasil karya sendiri atau beberapa hasil pemikiran dalam team, dan belum pernah diterbitkan di media/jurnal lain. Artikel dapat berupa hasil dari Tesis, disertasi, laporan penelitian .
  2. Artikel disampaikan dalam bentuk hardcopy (kertas kuarto/A4) disertai dengan media penyimpanan file (flash disk, CD, dsb) atau dikirimkan sebagai attachment e-mail ke UNU Kaltim (masuk melalui unukaltim.ac.id di menu Jurnal).
  3. Artikel diterima dewan Redaksi penerbitan paling lambat paling lambat 2 (dua) bulan sebelum bulan penerbitan ke alamat Sekretariat Jurnal UNU Kaltim.
  4. Seleksi dan Editing: Dewan Editor berwenang untuk menyeleksi artikel-artikel, mempersingkat artikel tanpa mengubah makna, serta mengedit bahasa dan poin-poin yang dibakukan untuk penyempurnaan dan konsistensi terbitan JBE dan JRR.
  5. Bahasa dan Abstrak: Artikel bisa dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Bila artikel berbahasa Indonesia, maka abstraknya dalam Bahasa Inggris (+-100 kata) dan sebaliknya. Panjang abstrak sekitar sepertiga halaman kuarto dengan spasi tunggal (1 spasi). Jenis huruf Times New Roman, ukuran 12. Setiap abstrak harus disertai kata-kata kunci (keywords) sebanyak 3-5 kata.
  6. Jumlah halaman dan spasi: Jumlah halaman setiap artikel antara 15-20 halaman (5.000-10.000 kata) dalam kertas kuarto (A4) dengan spasi tunggal (1 spasi). Jenis huruf Times New Roman, ukuran 12.
  7. Nama penulis dan alamat lembaga: Nama penulis artikel diberi catatan kaki (footnote) dan diinformasikan nama dan alamat lembaga penulis serta e-mail pribadi (jika ada). Misal: Hendrawan adalah staf pengajar di PS Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur, Jl. Rifadin, Samarinda. E- mail: hendrawan@gmail.com. Jika penulis terdiri dari 4 (empat) orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama; nama penulis lainnya dicantumkan pada footnote halaman pertama naskah.
  8. Sistematika Penulisan : Artikel hasil penelitian memuat: Judul, Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan (terdiri dari latar belakang, pertanyaan penelitian, kerangka dasar teori, argumen/hipotesis dan tujuan penelitian), Metodologi (dibuat secara ringkas), Hasil dan Pembahasan (berisi analisis/sintesis yang bisa dibuat dalam beberapa sub-judul), Simpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka (berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja)Untuk artikel kajian analitis memuat: Judul, Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan (berisi gambaran ringkas masalah, sedikit kajian toritik, pendapat alternatif, dan tujuan pembahasan), Pembahasan (bersifat analitik, jika relevan dilengkapi dengan bukti empirik, mengandung pendirian/sikap penulis), Penutup (kesimpulan dan saran), serta Daftar Pustaka (hanya berisi pustaka yang dirujuk dalam uraian saja).
  9. Cara Pengacuan dan Pengutipan: Pengacuan dan pengutipan di teks utama dibuat dalam bentuk Pengacuan dan pengutipan di teks utama dibuat dalam bentuk running notes; contoh: (Gurr, 1983), (Gurr,1998:23). Untuk pengacuan (reference) bisa dengan halaman (Gurr, 1998:23) atau tanpa halaman (Gurr, 1983) sementara untuk pengutipan (quotation) dengan halaman (Gurr, 1998:23). Jika nama disebut dalam teks, contoh penulisannya: Gurr (1988), Gurr (1998:23).
  10. Pedoman Penulisan Daftar Pustaka: Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka/literatur terbitan 10 tahun terakhir, selain berasal dari buku, juga mengutamakan sumber-sumber primer seperti laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Daftar Pustaka yang dimuat hanya daftar pustaka yang dirujuk dalam teks artikel. Contoh penulisan Daftar Pustaka di Jurnal ini adalah sbb:
  • Untuk Buku:

Diamond, Larry. 1999. Developing Democracy: Toward Consolidation. Baltimore and London:

The John Hopkins University Press.

Collier, Paul, and Hoeffler, Anke. 1999. Justice-Seeking and Loot-Seeking in Civil War.

Washington DC: The World Bank.

  • Artikel dalam Buku:

Edwards, John. 2002. “Sovereignty or Separation? Contemporary Political Discourse in Canada.” In [Dalam] Conversi, Daniele. Ethnonationalism in the Contemporary World: Walker Connor and the Study of Nationalism. London and New York: Routledge.

 

Linz, Juan J., and Stepan, Alfred. 1996. “Toward Consolidated Democracies.” In Diamond, Larry, et.al. (eds). 1997. Consolidating the Democracies: Themes and Perspectives. Baltimore and London: The Johns Hopkins University Press.

 

_________ . 2001. “Defining and Crafting Democratic Transition, Constitutions, and Consolidation.” In Liddle, R. William ed). 2001. Crafting Indonesian Democracy. Jakarta: Mizan.

 

  • Artikel dalam Jurnal:

Tomquist, Olle. 2000. “Dynamics of Indonesian Democratisation” Third World Quarterly, Vol. 21, No. 3, pp. 383-423.

  • Sumber yang berasal dari internet:

 Sumber referensi lengkap: Jika pengarang, penerbit, dan tahun terbit lengkap, kebiasaan yang

berlaku adalah link internet (URL) bisa dicantumkan dan bisa juga tidak dicantumkan (terutama bagi lembaga yang sudah punya reputasi). Misal: Collier, Paul, and Hoeffler, Anke. 1999. Justice-Seeking and Loot-Seeking in Civil War. Washington DC: The World Bank, atau Collier, Paul, and Hoeffler, Anke. 1999. Justice-Seeking and Loot-Seeking in Civil War. Washington DC: The World Bank.

http://www.worldbank.org/research/ collier.pdf (diakses 23 Agustus 2003).  Sumber referensi tidak lengkap: Jika nama pengarang, penerbit, atau tahun terbit ada yang tidak lengkap, link internet (URL) harus dicantumkan. Misal: Levy, Marc. 2000. Environemental Scarcity and Violent Conflict: A          Debate.

http://wwics.si.edu/organiza/affil/WWICS/PROGRAMS/DIS/ECS/rep ort2/debate.hfcrn (diakses Juli 2002). Aditjondro, George J. The Political Economy of Violence in Maluku, Indonesia,

 

http://www.munindo.brd.de (diakses September 2001).

  1. Artikel yang diterbitkan akan dikenakan biaya cetak sebesar Rp. 300.000,-/artikel. Dengan melampirkan buku struk atau resi pengiriman kepada Team Jurnal Unu Kaltim.  No rekening Jurnal BNI : 0375826462 a.n Muhammad Nazir (team jurnal akan menginformasikan).

Penulis yang artikelnya dimuat akan mendapatkan nomor bukti pemuatan dan cetak lepas sebanyak         2 (dua) eksamplar. Artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis.

 

Download File disini