Gubernur serahkan beasiswa total 121 Milyar Rupiah

6910119665420eab10f21e._nkd0102copy2Samarinda ? Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan Prov. Kaltim menyelanggarakan acara Penyerahan Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata, Prestasi Gemilang) oleh Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak. Acara ini diselenggarakan di Gor Segiri Samarinda pada 22 September 2014 yang dihadiri ribuan siswa, mahasiswa dan penerima beasiswa Kaltim Cemerlang tahun 2014.

Dalam penyerahan beasiswa langsung oleh Gubernur ini? dihadiri antara lain dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pelaksana Tugas Sekertaris Daerah Kaltim, Perwakilan DPRD, Rektor Universitas Mulawarman, Ketua STAIN Samarinda dan? Asisten Kesejahteraan Rakyat Prov. Kaltim.

Museum Rekor Indonesia (MURI)? memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalimantan Timur selaku pemrakarsa beasiswa dengan penerima beasiswa terbanyak yang dikeluarkan melalui dana APBD di Balikpapan tahun lalu.? Selama 5 tahun terakhir, terhitung mulai tahun 2009, Pemerintah Provinsi telah menghibahkan 20% dari dana APBD untuk Beasiswa Kaltim Cemerlang.

Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kaltim Dr. H. Musyahrim, MM selaku ketua penyelenggara melaporkan ?Beasiswa Kaltim Cemerlang tahap pertama menerima berbagai kalangan yang mengajukan beasiswa, antara lain: Pelajar SD, SMP, SMA/sederajat, Mahasiswa dan program Diploma, Strata 1, Spesialis, Pendidikan PAUD, Profesi, ?Pendidikan Luar Negeri, Ilmuwan, Kalangan tidak mampu dan anak/cucu veteran. Total anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi untuk Beasiswa Kaltim Cemerlang 2014 kali ini sebesar Rp.121.153.000.000,-?

?Beasiswa Kaltim Cemerlang siap diserahkan kepada 28.606 orang. Terdiri diri kualifikasi pengajuan tingkat Kabupaten/Kota = 13.532 orang, Perguruan Tinggi = 8.324 orang, Magister = 259 orang, Kerjasama = 1.095 orang, D3 Kesehatan = 153 orang, dan Online = 5.338 orang, sekaligus penyerahan kembali mahasiswa penerima beasiswa Perguruan Tinggi yang telah menyelesaikan pendidikan di Univ. Mulawarman berjumlah 4,246 orang, STAIN 251 orang dan Univ. Terbuka 911 orang.?

Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak mengatakan dalam sambutannya ?Beasiswa Kaltim Cemerlang tiap tahunnya ditingkatkan kuota bagi penerimanya, dari yang lalu sebanyak 30 ribu untuk tahun ini disiapkan sebanyak 50 ribu. Harapan saya semua penerima beasiswa tidak boleh ada yang Drop Out, semua harus berhasil. Beasiswa yang kita berikan pada tahun ini, kita sesuaikan dengan kebutuhan Daerah. Apalagi Kaltim sudah mentekadkan bahwa kita tidak lagi bergantung pada Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak berkembang, yang dibutuhkan Kaltim adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan dapat mengelola SDA yang? dapat diperbaharui.? (hrm)