header

 

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI


dosen

Visi Prodi PAUD

Sebagai arah dan target dari dibukanya Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini dirumuskan visi sebagai berikut:

Menjadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang unggul melaksanakan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat dengan menerapkan IPTEKuntuk pembangunan yang berkelanjutan sebagai Produk kualitas anak bangsa

Misi Program Studi

Misi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini ini sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sumberdaya manusia bagi calon pendidik yang unggul di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang mempunyai wawasan sustainable development.
  2. Memiliki keunggulan pendidikan pada pengembangan Pendidikan Anak Usia Dinidengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
  3. Mengembangkan penelitian dan pengabdian dibidang Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan prinsip sustainable development

 

Tujuan Program Studi

Tujuan utama program studi pendidikan Guru PAUD ini adalah untuk menghasilkan tenaga guru PAUD professional dan berkualitas yang mempunyai kedalaman ilmu pengetahuan dan ketrampilan dan berdasarkan etika Ke-Islaman dan berwawasan pembangunan berkelanjutan.Disamping itu diharapkan program studi ini mampu mengembangkan penelitian intertdisipliner tentang pendidikan Guru PAUD.

 

Program Studi S1 PAUD

Bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar:

  1. Mampu mengamalkan nilai-nilai Islami dalam menunaikan tugas sebagai guru PAUD.
  2. Memiliki kesadaran tinggi sebagai warga negara dari masyarakat dan bangsa yang bermartabat.
  3. Menguasai cara berpikir, teori, konsep, prosedur dan fakta penting sebagai dasar pengembangan pengetahuan lebih lanjut.
  4. Membekali calon guru PAUD dengan pengetahuan dan wawasan tentang pembangunan berkelanjutan.
  5. Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai perkembangan kemampuan siswa PAUD dalam belajar.
  6. Memiliki wawasan, sikap dan ketrampilan keguruan untuk mengembangkan proses dan pelaksanaan pendidikan di PAUD.
  7. Memiliki kebiasaan, nilai, dan kecenderungan pribadi yang menunjang pengembangan profesi guru di PAUD.

Pengembangan keilmuan dalam Pendidikan Anak Usia Dini sebagai acuan utama pengembangan kurikulum difokuskan pada hal-hal berikut:Landasan keilmuan yang mendasari pentingnya pendidikan anak usia?dini didasarkan kepada konsep tumbuh kembang?anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak tidak dapat dilepaskan kaitannya?dengan perkembangan struktur otak.

Terdapat empat aspek yang menjadi dasar pengembangan keilmuan Prodi PAUD UNU Kaltim, yaitu; 1) kajian pendidikan yang berkaitan pertumbuhan serabut dendrit anak, 2) kompleksitas hubungan sinapsis anak, 3) dan pembagian sel saraf anak. Peran ketiga wilayah otak tersebut sangat penting untuk pengembangan kapasitas berpikir?manusia. Sejalan dengan itu Teyler mengemukakan bahwa pada saat lahir otak?manusia berisi sekitar 100 milyar hingga 200 milyar sel saraf. Tiap sel saraf siap berkembang sampai taraf tertinggi dari kapasitas manusia jika mendapat stimulasi yang sesuai dari lingkungan; 4) kajian PAUD yang mendasarkan pada konsep sustainable development yang belum dikembangkan di Indonesia.

 

Strategi Pencapaian

Strategi yang digunakan misi Prodi PAUD UNU Kaltim mengacu pada starategi pencapaian visi misi institusi yakni:

Strategi Pengembangan Produk

Untuk mengembangkan produk dari suatu lembaga pendidikan tinggi (lulusan) agar sesuai dengan kebutuhan pasar maka dilakukan beberapa strategi, meliputi : 1) Memelihara dan mengembangkan relevansi pendidikan dengan pasar kerja; 2) Memonitor terus selera pasar kerja melalui, studi penelusuran, pertemuan alumni, kuliah tamu dan sebagainya; 3) Mengikuti perkembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia melalui khasanah keilmuan untuk mengetahui posisi ilmu bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks keilmuan pendidikan dan sosial; 4) Menyelenggarakan pertemuan-pertemuan (minabrook conference) antara akademisi dan praktisi dalam rangka pengembangan produk/jasa pelayanan pendidikan ilmu pendidikan, kebahasaan, dan kesastraan

Strategi Pengembangan Model Pembelajaran (Learning Style)

Untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sebagai diharapkan oleh lembaga pendidikan tinggi, pelu sekali dilakukan pengembangan model dari pembelajaran, yaitu : 1) Meningkatkan penguasaan cara mengajar bagi para dosen, sebab banyak orang menguasai suatu bidang dan banyak orang terpaksa mengajar tapi tidak mengetahui cara mengajar dengan baik; 2) Meningkatkan keterampilan mengajar para dosen, sebab kita sadari bahwa banyak orang senang mengajar tapi tidak menguasai keterampilan mengajar dan menyadari pula bahwa banyak orang telah terampil mengajar, tapi tidak mengetahui cara meningkatkan keterampilannya; 3) Mengusahakan agar proses pembelajaran yang efektif sehingga terjamin: kesesuaian metode belajar, kesesuaian kerangka acuan dan muatan mata kuliah serta terdapat pemantauan dan evaluasi

Strategi Organisasi

Selain upaya mengembangkan strategi pembelajaran dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas, perlu adanya organisasi yang berkualitas. Sehubungan dengan hal tersebut kiranya perlu juga pengembangan organisasi yang menaungi kegiatan dalam Program Studi. Strategi pengembangan organisasi ini meliputi :

  1. Melakukan optimalisasi unit, yaitu setiap unit, program harus memiliki standar dalam bidangnya masing dan bekerja secara efektif dan efisien
  2. Menciptakan aliansi vertikal, yaitu setiap staff harus mengerti strategi organisasi, misi dan arah organisasi
  3. Menciptakan aliansi horizontal, yaitu saling pengertian antar unit dan tidak saling berkonflik.
  4. Mengusahakan satu jalur perintah untuk setiap proses, yaitu setiap proses harus diorganisir sehingga hanya ada satu jalur perintah (single channel of command).

Strategi Sistem dan Prosedur

Dalam hal sistem dan prosedur perlu dikemukakan strategi pengembangannya, meliputi:

  1. Menekankan bahwa tidak ada kualitas tanpa data
  2. Merancang sistem manajemen data dan informasi kualitas
  3. Melakukan analisis data dan informasi kualitas
  4. Melakukan analisis komparasi dan patok duga (benchmark

 

Strategi Kepemimpinan

Untuk menjalankan strategi, sistem dan prosedur suatu organisasi sehingga organisasi menjadi berkualitas, peran pemimpin sangat penting. Berkaitan dengan kualitas ini, pemimpin dalam hal ini mempunyai berbagai peran, yang meliputi:

  1. Kualitas adalah masalah budaya dimana pemimpinlah yang paling bertanggung jawab atas pengembangan budaya kualitas.
  2. Pemimpin sebagai pembangun budaya hendaknya memperhatikan: – Kualitas interaksi – Strategi komunikasi – Purposing – Pay attention to little thing
  3. Budaya kualitas tidak bisa dibeli, melainkan harus dibiasakan dan diharmonisasikan dan dikembangkan berdasar budaya yang telah ada, berdasar praktek-praktek yang baik yang telah ada dalam suatu organisasi.
  4. Kualitas itu telah ada pada setiap institusi pendidikan, TQM mengembangkannya menjadi perbaikan kualitas secara terus menerus (continuous improvement)
  5. TQM menuntut ketekunan dan kesabaran, bukan sesuatu yang dapat diperkenalkan dalam semalam.

Strategi Membangun Komitmen Dosen

Untuk menjamin kualitas organisasi di Program Studi PAUD UNU Kaltim, perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit seperti berikut ini :

  1. Melibatkan dosen dalam aktivitas penyelesaian masalah
  2. Menanyakan kepada dosen bagaimana mereka berfikir tentang sesuatu, bagaimana proyek akan ditangani
  3. Melakukan sharing informasi sebanyak-banyaknya untuk menggugah komitmen mereka
  4. Menanyakan kepada mereka sistem dan prosedur yang mana, yang menjadikan mereka tidak dapat memberi pelayanan terbaik kepada mahasiswa
  5. Mengingatkan bahwa upaya untuk memperbaiki kinerja dosen, tidak cocok menggunakan pendekatan top-down
  6. Mengalihkan tanggung jawab atas pengembangan dan pengendalian profesionalisme kepada dosen dan staff
  7. Menerapkan komunikasi yang sistimatis dan terus menerus dikalangan dosen dan semua yang terlibat di unit.
  8. Mengembangkan keahlian dalam menyelesaikan konflik, problem solving, negosiasi.
  9. Menjadi penolong tanpa harus memiliki jawaban atas semua permasalahan.
  10. Memberikan pencerahan tentang konsep kualitas dan topik-topik seperti team building, customer service, communication dan leadership
  11. Menjadi model (reference), sediakan waktu untuk mendengar dosen dan pelanggan
  12. Berupaya sebagai coach dan mengurangi sebagai boss
  13. Memberikan otonomi dan keleluasaan mengambil resiko, tapi tetap berlaku fair
  14. Menciptakan keseimbangan antara kualitas eksternal (mahasiswa, orang tua, pemerintah, masyarakat) dengan kualitas internal (dosen, staff dan lainnya)

Strategi Sosialisasi

  1. Aturan-aturan akademik dan manual prosedur program studi disosialisasikan melalui website UNU Kaltim dan Website prodi dengan sasaran stake holders.
  2. Melibatkan organisasi kemahasiswaan dan Unit Kegiatan Mahasiswa
  3. Memasang tulisan visi misi dan tujuan program studi di tempat-tempat yang mudah dibaca. Media-media tertulis, penyampaian pada rapat prodi, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, display di ruang administreasi, dan juga dipasang di tempat strategis yang mudah dibaca oleh seluruh civitas akademika, penyebaran brosur, leaflet melalui mahasiswa dan alumni serta kunjungan langsung ke instansi-instansi tertentu.

 

Manfaat Program Studi yang diusulkan

Sejalan dengan visi, misi dan tujuan Prodi Studi Pendidikan Anak Usia Dini UNUKaltimsetiap tahunnya akan dilakukan perbaikan terus menerus didalam upaya melengkapi kemampuan hardskill dengan kemampuan softskill yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang unggul, kompeten, profesional dan beretika. Beberapa kajian dan evaluasi yang telah dilakukan oleh berbagai pihak terkait pentingnya kemampuan softskill bagi mahasiswa mendorong Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini menyusun pola pengembangan kemahasiswaan yang adaptif terhadap perubahan terkini.

Manfaat prodi PAUD UNU Kaltim meliputi manfaat terhadap institusi, manfaat kepada kepada masyarakat, dan kepada bangsa:

  1. Manfaat prodi PAUD terhadap institusi:
    1. Dengan sistem pendidikan yang yang inovatif, konstruktif, dan revolusioner, prodi PAUD UNU Kaltim akan bermanfaatbagi peningkatkan kualitas atmosfir akademik khususnya dalam bidangpengembanganpendidikan dan pengajaran di lingkungan prodi PAUD UNU Kaltim.
    2. Dengan misi mengembangkan penelitian-penelitian dalam bidang pembelajaran Unia Dini yang hasilnyamemiliki kualitas untuk dipublikasikan baik secara nasional maupuninternasional, prodi PAUD UNU Kaltim akan meningkatkan citra institusi di tingkatnasional maupun internasional yang pada akhirnya akan meningkatkaninstitution competitiveness. Dengan institution competitiveness yanglebih baik, intitusi akan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitaskegiatan kerjasama (collaboration activities) yang salingmenguntungkan dengan universitas lain baik dalam negeri maupun luarnegeri, industri, lembaga penelitian dan pihak-pihak terkait lainnya.
  1. Manfaat terhadap masyarakat:

Dengan misi mengembangkan penelitian di bidang pendidikan anak usia dinidan menyebarluaskan teknologi pembelajaran bagi kalangan pendidikan fomal atau informal,Prodi PAUD UNU Kaltim akan bermanfaat bagi peningkatan kualitas Pendidikan dan kecerdasan masyarakat.Bidang-bidang kajian pengembangan metode teknologi pembelajaran, pengembangan media dan teknologi media, pengembangan evaluasi pengajaran.

  1. Manfaat terhadap bangsa:

Perubahan yang terjadi saat ini begitu cepat dan sulit diprediksi dalam kaitannya dengan kondisi politik, ekonomi, sosial dan budaya ditambah perkembangan teknologi informasi, dan sebagainya.Hal tersebut menjadikan tantangan kehidupan manusia menjadi semakin kompleks.Hampir disetiap negara baik secara global maupun regional melakukan antisipasi menghadapi perubahan tersebut.UNESCO sebagai badan dunia yang memiliki perhatian besar terkait pendidikan, memandang penting adanya perubahan paradigma pendidikan sebagai instrument ke paradigma sebagai pengembangan manusia seutuhnya (all-rounded human beings).Berdasarkan hal tersebut empat pilar pendidikan UNESCO meliputi learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together dikembangkan dan mesti diintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dari berbagai tingkat pelaksana atau kesatuan pendidikan.

Pengembangan sumber daya manusia merupakan salah satu prioritas dari 8 (delapan) fokus prioritas pembangunan pendidikan dalam kurun waktu 2010 – 2014.Penetapan pengembangan sumber daya manusia sebagai salah satu prioritas adalah karena Indonesia masih menghadapi masalah dengan SDM baik jumlah, jenis, kualitas maupun distribusinya.Menurut data Kemendikbud bahwa jumlah usia dini yang terlayani pendidikan masih dibawah 50 persen, dengan demikian peluang untuk menyelenggarakan pendidikan usia dini masih sangat luas, hal ini akan memerlukan jumlkah tenaga pendidik yang tidak sedikit. Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dalam menyiapkan calon siswa yang berkulitas dan mempunyai karakter.

 

Download dokumen Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini

download-here1