Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Visi:

Menjadi Fakultas yang terkemuka di bidang Ilmu Sosial dan Kependidikan berdasarkan prinsip Islam Ahlulsunnah Wal Jamaah dan menjunjung tinggi nilai – nilai kebangsaan dikalimantan Timur di tahun 2030.

Pokok-pokok pikiran tentang visi di atas dapat dijabarkan sebagai berikut.

  • Fakultas yang terkemuka di bidang ilmu sosial dan kependidikan Pengertian terkemuka adalah bahwa lulusan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur memiliki kecakapan dan kompetensi yang spesifik, diakui dan dibutuhkan oleh pengguna, serta mampu bersaing baik di tingkat lokal, regional, nasional maupun
  • Pengembangan berdasarkan prinsip Islam Ahlulsunnah Wal Jamaah dan menjunjung tinggi nilai – nilai kebangsaan di Kalimantan timur artinya bahwa didalam mengembangkan keilmuan di bidang Ilmu Sosial dan Kependidikan dilakukan berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh dosen dan didukung dengan sifat kemandirian. Penetapan mata kuliah Kewirausahaan dalam Kurikulum Program Studi jenjang Strata Satu Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur berupaya untuk mengembangkan ipteks didasarkan atas nilai iman dan taqwa, unggul, kepeloporan, etika, inovasi, mandiri, kerjasama dan non-diskriminasi, sehingga lulusan yang dihasilkan akan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan masyarakat, inovatif, dan kreatif dalam memecahkan masalah, antisipatif, dan progresif terhadap tantangan masa depan. Pengembangan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai keislaman ahlussunah waljama’ahdan tuntutan zaman serta memberi arah pada perubahan dengan berpegang teguh padanilai tawassuth (moderat), nilai tawazun (keseimbangan    dan   keselarasan),   nilai   tasamuh  (toleran terhadap perbedaan) dan nilai i’tidal (menempatkan sesuatu pada tempatnya).

Misi:

Misi Fakultas Ilmu sosial dan Kependidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur dibentuk dan dikembangkan dari proses berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategi. Misi yang tercantum dalam rencana strategi Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan, yaitu:

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berorientasi pada peningkatan kompetensi di bidang ilmu sosial dan kependidikan, memahami dan mengimplementasikan ajaran islam ahlussunnah wal jamaah
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta memiliki jiwa kewirausahaan
  • Meningkatkan jalinan kerjasama dengan pihak terkait baik pemerintah maupun swasta

Tujuan:

Untuk  mencapai  visi  dan  misi  di  atas  dalam  jangka  waktu  5  tahun  ke depan, Fakultas Ilmu sosial dan Kependidikan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur memfokuskan kegiatan pada aspek-aspek program sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yg kualified di bidang ilmu sosial dan kependidikan yg kompetitif,memiliki sikap yg dilandasi oleh aqidah Islam ahlussunnah waljamaah.
  2. Menghasilkan riset dan pengabdian masyarakat serta memiliki jiwa kewirausahaan pada program studi pendidikan anak usia dini, ilmu komunikasi dan hubungan internasional
  3. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan berbagai pihak /lembaga terkait baik pemerintah maupun swasta di bidang ilmu sosial dan kependidikan.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya:

Sasaran dari Program Studi Fakultas Ilmu sosial dan Kependidikan meliputi peningkatan kualitas dari mahasiswa dan lulusan, kualitas dan kuantitas dosen, kuantitas dan kualitas sarana prasarana penunjang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat; kuantitas dan kualitas penelitian, publikasi limiah dan pengabdian masyarakat; dan manifestasi dari kerja sama. Sasaran beserta strategi pencapaian Fakultas Ilmu sosial dan Kependidikan diturunkan dari sasaran dan strategi yang ditetapkan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur .